IKAHIMATIKA merupakan satu-satunya organisasi mahasiswa matematika se-Indonesia sesuai dengan AD/ART. Organisasi ini berawal dari itikad baik rekan-rekan mahasiswa pendidikan matematika yang ada di Indonesia yang memiliki tujuan bersama dan sebagai wadah silaturahmi anggota-anggotanya, maka pada tahun 1989 dibentuk organisasi dengan nama IKAHIMAPTIKA ( Ikatan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika ) Indonesia.

Seiring berjalannya waktu dan semakin bertambahnya jumlah anggota serta banyaknya organisasi mahasiswa matematika non kependidikan yang bergabung, maka pada tahun 1998 IKAHIMAPTIKA berubah menjadi IKAHIMATIKA ( Ikatan Himpunan Mahasiswa Matematika ) Indonesia agar dapat melingkupi/mencakup seluruh anggotanya. Akan tetapi setelah tahun 1998 IKAHIMATIKA seakan-akan tenggelam, hal ini disebabkan karena pada saat itu di negara Indonesia sedang terjadi reformasi besar-besaran. Akhirnya pada tahun 2001 berkat antusias anggota-anggotanya IKAHIMATIKA mengadakan Kongres Nasional di UNIBRAW Malang dan mulai saat itu IKAHIMATIKA mulai muncul ke permukaan dangan beberapa perubahan-perubahan yang terjadi di dalamnya.

IKAHIMATIKA sebagai organisasi yang profesional, ilmiah dan independent memiliki bermacam-macam tujuan. Akan tetapi tujuan-tujuan tersebut mengacu pada keprofesian matematika itu sendiri. Hingga saat ini nama IKAHIMATIKA sudah cukup dikenal di masyarakat, meskipun belum memberikan kontribusi yang besar bagi bangsa Indonesia. Dengan jumlah anggota lebih dari 80 organisasi matematika perguruan tinggi yang ada di Indonesia yang dipimpin seorang sekretaris jendral ( Sekjen ), memiliki tujuan mulia yaitu menggalang organisasi mahasiswa matematika di seluruh Indonesia untuk mengembangkan wawasan mahasiswa dan membangun kultur tentang kematematikaan. IKAHIMATIKA akan terus berupaya dengan loyalitas anggotanya dan program kerja yang disusun untuk memberikan kontribusi yang besar bagi masyarakat Indonesia.